Peran dan Kinerja Sektor ESDM dan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Kementerian ESDM

E-mail Print PDF
User Rating: / 0 PoorBest 
Addthis

EBTKE--Wakil Menteri ESDM Ir. Susilo Siswoutomo beserta Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Waryono Karno mewakili Menteri ESDM menyambut tim verifikasi lapangan reformasi birokrasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di lingkungan Kementerian ESDM bertempat di Lantai 2 Gedung Sekretariat Jenderal KESDM, hari ini (29/01/13). Pelaksanaan reformasi birokrasi KESDM sesuai dengan Permen PAN dan RB Nomor PER/15/M.PAN/2008 tentang Pedoman Umum Reformasi Birokrasi, bahwa untuk pelaksanaan reformasi birokrasi Kementerian/Lembaga, perlu menyusun Dokumen dan Road Map Reformasi Birokrasi.


Pada tahun 2009 tepatnya pada tanggal 31 Desember 2009 KESDM telah mengusulkan pelaksanaan reformasi birokrasi kepada Kementerian PAN dan RB, namun belum dapat ditindak lanjuti mengingat Kementerian PAN dan RB sedang menyempurnakan peraturan pelaksanaan Reformasi Birokrasi. Berdasarkan Perpres Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010 – 2025 dan Permen PAN dan RB Nomor 20 Tahun 2010 tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2010 – 2014, KESDM telah menyusun dokumen usulan dan Road Map pelaksanaan reformasi birokrasi KESDM yang telah disampaikan oleh Menteri ESDM kepada Menteri PAN dan RB pada tanggal 27 November 2012.

Capaian prestasi Kementerian ESDM dalam pelaksanaan reformasi birokrasi antara lain:

1. Predikat Wajar TANPA Pengecualian (WTP) dari BPK dalam laporan keuangan untuk LKPP tahun 2010 dan 2011 ;

2. Rencana Strategis (Renstra) sebagai percontohan nasional ;

3. Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) KESDM mendapat penilaian B dari Kementerian PAN-RB untuk 4 tahun berturut-turut ;

4. BKN Award dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai pengelola kepegawaian terbaik tingkat pusat ;

5. Penilaian Inisiatif Anti Korupsi (PIAK) KESDM berdasarkan penilaian KPK menenmpati peringkat ke-3 untuk Instansi Pusat ;

6. Anugerah Cinta Karya Bangsa sebagai Kementerian / Lembaga yang dalam pengadaan barang / jasa yang cukup besar menggunakan produksi dalam negeri dalam 2 (dua) tahun berturut-turut (2011 dan 2012);

7. Citra Pelayanan Prima Madya dari Kementerian PAN-RB untuk Unit Layanan Investigasi Migas Terpadu ;

8. Situs Ditjen Minerba meraih penghargaan sebagai pemenang II katagori eselon I pada Warta Ekonomi e-Government Award Tahun 2008;

9. Situs Ditjen Migas meraih penghargaan sebagai pemenang III katagori eselon I pada Warta Ekonomi e-Government Award Tahun 2011;

10. Unit Pelayanan Investasi Migas Terpadu telah mendapat Penghargaan Citra Pelayanan Prima Tingkat Madya pada tahun 2010;

11. Dan prestasi lainnya yang masih banyak lagi untuk disebutkan satu per satu.


sumber : siaran pers esdm

Add comment


Security code
Refresh