12 Manajer Energi Industri Lulus Sertifikasi

Surel Cetak PDF
Penilaian Pengguna: / 0 JelekBagus 
Addthis

EBTKE--Capacity Building Manajer Energi di Industri diselenggarakan selama 3 (tiga) hari pada tanggal 11 – 13 Juni 2013 di Wisma Hijau, Depok dan dilanjutkan dengan Ujian Sertifikasi selama 2 (dua) hari, 14 – 15 Juni 2013 di Pusdiklat KEBTKE. Acara ini terselenggara atas kerjasama Direktorat Konservasi Energi dengan Lembaga Sertifikasi Profesi–Himpunan Ahli Konservasi Energi (LSP HAKE).

Pelaksanaan Workshop Capacity Building ini dibuka oleh Kepala Subdirektorat Tekno Ekonomi Energi  Arief Heru Kuncoro yang mewakili Direktur Konservasi Energi, Maritje Hutapea dan diikuti oleh 20 (dua puluh) peserta yang berasal dari industri yang lahap energi.

Pengajar dalam workshop ini berasal dari LSP HAKE yaitu Parlindungan Marpaung serta Titovianto Widyantoro.

Dalam sambutannya, Arief menekankan pentingnya melakukan efisiensi energi di industri dikarenakan menurut study, potensi industri dalam penghematan energi sebesar 20 persen.

Kewajiban melakukan melakukan penghematan energi tersebut, sambung nya, tertuang dalam peraturan pemerintah (PP) No. 70/2009 tentang Konservasi Energi serta turunan nya yaitu Peraturan Menteri (Permen) ESDM No. 14/2012 tentang Manajemen Energi, dimana salah satu point dari Permen tersebut mewajibkan bagi pengguna energi besar di atas 6000 TOE harus memiliki manajer energi yang bersertifikat.

Setelah melakukan capacity building manajer energi selama 3 (tiga) hari dan 2 (dua) hari pelaksanaan ujian sertifikasi yang dilaksanakan di TUK (Tempat Ujian Kompetensi) Pusdiklat KEBTKE-KESDM, Ketua HAKE Bapak Parlindungan Marpaung menetapkan 12 calon manajer energi dinyatakan Lulus Sertifikasi (Kompeten) sebagai Manajer Energi Industri. Sampai saat ini sudah terdapat 67 (enam puluh tujuh) Manajer Energi Industri yang telah tersertifikasi.

(ardian marta kusuma)

 

Add comment


Security code
Refresh